5 Ilmuwan Asal Purworejo yang Sangat Disegani

0
166

Koranpurworejo.id – Kabupaten yang berbatasan langsung dengan Provinsi Yogyakarta ini ternyata memiliki orang-orang hebat diberbagai bidang dan tentunya sangat disegani baik dalam negeri maupun di luar negeri. Nah saat ini tim Koranpurworejo.id (KPid) merangkum 5 ilmuwan asal Purworejo yang sangat disegani, di antaranya:

1. Prof. Bintoro Tjokroamidjoyo

Profesor kelahiran Purworejo pada 06 Juni 1931 ini merupakan guru besar dan dosen di berbagai universitas kenamaan di antaranya Universitas Brawiajaya, Malang, Universitas Indonesia dll.

Beliau terkenal dengan sosok yang “ngemong” dan tidak pelit berbagi ilmu dan suka memberi motivasi pada murid yang diasuhnya agar meraih posisi tertinggi di bidangnya.

2. Dr. Ir. Untung Sumotarto

Peneliti andalan Indonesia ini merupakan alumni Doktoral, Department of Petrileum & Geosystem Engineering, University of Texas, Amerika Serikat. Ia telah banyak sekali melakukan penelitian dan sumbangsih fikiran dari keilmuannya yang sudah dipatenkan baik dari nasional maupun internasional, seperti penemuan peralatan pembuat uap bertenaga panas bumi, perlatan pemindah panas bertenaga panas bumi, pengering serbaguna bertenaga biomasa dan masih banyak lagi.

3. Dr. Ing. Ir. Dwita Sutjiningsih, Dipl. HE

Wanita kelahiran Purworejo 29 Oktober 1952 ini merupakan pakar hydrologi kebanggaan Universitas Indonesia. Menamatkan pendidikan di Fakultas Teknik, Universitas Indonesia pada 1977 dan di IHE, Belanda pada 1981 jurusan River Enginering dan S3 di Universitas Honnover Jerman.

Ibu murah senyum ini banyak menyumbangkan pikirannya seperti ide strategi implementasi model pembelajaran berbasis riset (PBR) dengan pendekatan student-centered learning (SCL).

4. Dr. Ir. Syamsu Alam, M.T

Merupakan putra Bagelen kelahiran 02 April 1963 dan masih menjabat sebagai direktur hulu di Pertamina. Syamsu Alam merupakan lulusan Sarjana Geologi dari Institut Teknologi Bandung (1988), Master of Science, Geofisika dari Institut Teknologi Bandung (1994) dan meraih gelar Ph.D. dari University of Texas A & M di Texas, USA (2001). Perjalanan karirnya dimulai sejak tahun 1989 di PT Pertamina dan pernah dipercaya untuk memegang posisi Direktur Eksplorasi & Pengembangan di PT Pertamina EP (2008-2011), Direktur Utama PT Pertamina EP (2011-2013) dan Senior Vice President Exploration PT Pertamina (Persero) (2013-Desember 2014).

5. Dr. Mukh Syaifudin

Ilmuwan nuklir dari Kedungpucang, Bener, Purworejo ini lahir pada 1 Juni 1965. Setelah menamatkan pendidikan S1 di Universitas Gajah Mada, ia langsung melanjutkan studi ke Osaka University Jepang dengan jurusan radiasi biology.

Kapasitas keilmuan beliau yang mumpuni serta jam terbang yang tinggi menjadikan beliau peneliti yang sungguh tidak diragukan lagi ssbagai tempat bertanya atau rujukan perihal nuklir dan seluk beluknya.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here